Recent Comments

Space For Ads

Space For Ads

Rabu, 25 Juli 2012

Apa sih TCP/IP ?

TCP/IP apa sih itu? dua istilah yang sering di jadikan satu sebenarnya itu kepanjangan dari Transfer Control Protocol/Internet Protocol, sebuah protocol yang ada di dalam sebuah jaringan yang memungkinkan pertukaran data antar komputer dalam sebuah jaringan internet..dan untuk melakukan semua protokol didalam bertukar data di butuhkan yang dinamakan Internet Protocol.
Baiklah.. saya akan mulai membahas apa itu Transfer Control Protocol dan Internet Protocol.. 

Transfer Control Protocol, Sebuah standar yang diberlakukan dalam sebuah jaringan untuk mempermudah komunikasi atau proses pertukaran data, konsep ini diciptakan oleh Vin Cerf dan Bob Kahn pada tahun 1973, mereka menulis dalam sebuah buku yg isinya mengatakan bahwa sebuah protokol interkoneksi untuk berbagi layanan dengan memanfaatkan pertukaran-paket antara node jaringan yang terhubung. Komponen pengontrol utama atas model ini disebut sebagai "Program pengontrol transmisi" yang menggabungkan baik tautan koneksi teriorientasi dan layanan datagram antar host. Program pengontrol transmisi monolitik ini kemudian dipecah ke dalam arsitektur modular yang terdiri atas Protokol pengontrol transmisi pada lapisan koneksi terorientasi dan Protokol internet pada lapisan datagram.
Info lebih lengkap nya silahkan di baca di sini
Internet Protocol, adalah sebuah protokol yang menghubungkan layanan antar jaringan, disebut juga pengalamatan atau alamat dari Source(sumber data) ke destination(tujuan), alamat ini dibagi menjadi 2, alamat jaringan (network address) dan alamat node (node address/host address). info lebih lengkap temen2 bisa baca di sini
Jadi bisa kita simpulkan.. TCP protokol secara hardware dan IP itu protokol secara software.. dimana keduanya selalu berhubungan dalam proses komunikasi data dalam sebuah jaringan.
Demikian sedikit penjelasan mengenai TCP/IP, semoga bisa membantu temen2 semua..
sebagai info tambahan mengenai TCP/IP  temen2 bisa baca di sini

0 komentar:

Posting Komentar